Tuesday, March 13, 2012

Dual Boot Mac OSX


1. Pengenalan
Halaman ini rincian bagaimana untuk dual-boot Ubuntu dan Mac OS X di Intel Mac. Jika Anda telah memutuskan Anda ingin dual-boot, silakan kunjungi MactelSupportTeam / AppleIntelInstallation. Jika Anda ragu, silakan baca terus.


2. Mengapa ??
Dual-boot memungkinkan Anda untuk terus menjalankan Mac OS-X ketika Anda membutuhkannya, dan memungkinkan Anda untuk boot ke Ubuntu ketika Anda pilih. Bagi sebagian orang, ini adalah keseimbangan yang baik dan memungkinkan Anda untuk mendapatkan lebih akrab dengan Ubuntu jika Anda baru.

3. Mengapa tidak ??
Dual-boot berarti Anda memiliki dua sistem operasi pada mesin Anda. Kedua mengambil ruang hard disk, dan Ubuntu akan mengambil ruang disk yang Anda tidak akan lagi bisa mengakses dari Mac OS-X.

4. Virtualise
Jika Anda ingin menginstal Ubuntu, tetapi tidak ingin dual-boot, Anda dapat virtualise gantinya. Anda dapat menjalankan Ubuntu dalam VirtualBox, Parallels, dan Fusion, namun ada kelemahan berikut:

  • Sistem sumber: Sejak Mac OS X berjalan di latar belakang, lebih sedikit memori dan CPU siklus tersedia untuk Ubuntu.
  • Hardware akses: Akses ke hardware dapat dibatasi karena beberapa hardware tidak dapat "melewati" mesin virtual. FireWire adalah contoh dari ini.

CATATAN: Lihat Ubuntu pada MacBookPro - kesulitan dengan tabel partisi untuk diskusi yang sedang berlangsung dari "keanehan" mungkin Anda alami dalam pembuatan partisi.

Informasi Teknis - Pertimbangan Khusus
Platform Mac adalah unik karena semua proses boot yang terjadi menggunakan EFI bersama dengan GPT. Untuk alasan ini, ini adalah platform dimana GRUB tidak diinstal pada MBR - karena Mac tidak menggunakan MBR! Apple depan kurva dengan menggunakan EFI dan GPT, dengan mengorbankan kompatibilitas dengan banyak sistem operasi menggunakan warisan (tapi lebih mudah) bootloading metode.

Pada Mac, sebuah bootloader EFI seperti mereparasi, digunakan sebagai bootloader "master", yang chainloads bootloader yang diinstal pada partisi dari OS masing-masing.

Ketika menginstal (X) (K) Ubuntu, pastikan bahwa bootloader terinstal untuk partisi di mana Anda telah menginstal Linux. Untuk informasi lebih lanjut, lihat MactelSupportTeam / AppleIntelInstallation.

Source : ubuntu.com